Studio Ghibli (Jiburi)

ghibli

(www.wikipedia.org) Logo studio ghibli ~ tokoh dalam film Tonari no Totoro

Ghibli adalah sebuah nama studio anime Jepang yang telah menghasilkan banyak anime atau kartun yang sudah mendunia. Salah satunya adalah “Spirited Away”, sebuah anime Jepang yang berhasil meraih Oscar untuk kategori film animasi. Tetapi bukan film itu yang akan saya bahas, tetapi studio Ghibli-lah yang ingin saya angkat.

Studio Ghibli, berdasarkan informasi yang saya dapat dari wikipedia, didirikan tahun 1985 dan dipimpin oleh Hayao Miyazaki. Kebanyakan film-film animasi, disutradarai oleh Hayao Miyazaki sendiri. Tetapi ada beberapa yang disutradarai oleh orang lain, diantaranya adalah “Hotaru no Haka” atau Kuburan Kunang-Kunang (film bukan animasi produksi Ghibli  ini sangat sedih, ditonton berkali-kali pun tetap mengiris hati), disutradarai oleh Isao Takahata.

Film-film animasi Ghibli kebanyakan diangkat dari buku cerita anak-anak, baik karya orang Jepang sendiri maupun karya orang asing. Seperti film “Hauru no Ugoku Shiro” atau Kastil Bergerak Howl (film paling menarik Ghibli, versi saya) diadaptasi dari sebuah buku karya penulis Inggris, Diana Wynne Jones. Saya jadi ingin membaca versi bukunya, tetapi sayang buku tersebut tidak dapat saya jumpai di toko buku (mungkin belum dibeli hak terbitnya oleh penerbit Indonesia).

Saya pertama kali mengenal karya Ghibli, ketika menonton film VCD Jepang yang dibawa dosen saya untuk ditonton bersama-sama. Judul film itu “Tonari no Totoro” yang artinya tetangga Totoro, film ini ceritanya simpel tetapi sarat makna dan sangat indah (nanti akan saya bahas dikemudian hari). Setelah itu, saya berusaha mencari atau meminjam film-film Ghibli lainnya. Bertahun-tahun saya akhirnya berhasil memiliki beberapa DVD atau VCDnya, tetapi beberapa diantaranya dipinjam teman dan sampai saat ini belum dikembalikan -_-

9 thoughts on “Studio Ghibli (Jiburi)

  1. Iya, betul.
    Jepang memang gudangnya anime, mas wahyu.
    Mudah-mudahan Indonesia bisa semakin maju dalam industri bacaan-bacaan bermutu.

  2. Ping-balik: Tonari no Totoro (My Neighbor Totoro) « Galuh’s Blog

  3. Hanya sekedar sedikit memperbaiki karena saya baca di langsung di situs aslinya dibawah ini:
    http://www.ghibli.jp/

    Studio Ghibli didirikan bertiga (bukan sendiri) oleh 3 orang yaitu Miyazaki Hayao, Takahata Isao dan Suzuki Toshio. Dan setahu saya yang memimpin dan kerap jadi produser film2 Ghibli adalah yang disebut terakhir, Bapak Suzuki.

    Asal anda tahu saja, kalau Miyazaki terkenal sebagai sutradara anime fantasi, Takahata sama ngetopnya dengan film animasi yang neo-realis.

    Hotaru no Haka itu film anime yang pernah 2 kali dibuat versi live-nya . Film animenya memang di sutradarai Takahata, tapi versi Live-nya bukan. Hingga 2 kali dibuat versi live, tetap saja belum ada yang mengalahkan keistimewaan buatan Takahata dalam versi anime aslinya.

    Hingga sekarang Takahata sudah menyutradarai 6 film anime panjang (bioskop) buatan Ghibli, sedangkan Miyazaki sudah menyutradarai 9 film anime panjang buatan Ghibli. Harap diingat ini tidak menghitung peran mereka sebagai produser, penulis cerita, hingga tukang gambar.

    Toshio suzuki sendiri lebih sering berada dibelakang layar. Dialah penggerak utama Ghibli ketika Miyazaki dan Takahata sibuk bikin film. Sampai2 kata Miyazaki, “Kalau bukan karena bapak Suzuki, Ghibli tak akan pernah berdiri.”

    Kalau anda nonton karya Takahata, anda akan mendapatkan film anime yang unik yang sulit anda dapatkan di anime lain termasuk karya Miyazaki. Ibarat peraih nobel, jika Miyazaki menang hadiah nobel Fisika, maka Takahata menang hadiah nobel Kimia.

    Sekian…….

  4. Tambahan satu lagi ttg Ghibli yang kelewat.
    Presiden direktur Ghibli dari awal hingga sekarang masih belum diganti-ganti, masih Suzuki Toshio. Awet bener tuh bapak.

  5. ada yang taw g tempat download film2nya ghibli production ??

    kalau ngga daftar “Movie ranking” dari yang terbagus punya ghibli

  6. @Ando trimakasih ralatnya…. Iya, salut ya buat Ghibli. Hasil karya mereka benar2 TOP.
    @mike, cuba download di film2 downloader.
    movie rangking Ghibli nanti akan coba saya postingkan, bersama film2 Ghibli yang lain.

  7. iya saya juga suka banget dengan movienya mereka
    pertama kali dari spirited away kemudian grave with fireflies
    trus howl’s moving castle,and so on
    menurut saya,jalan ceritanya unik,menarik,dan ga tau bikin pengen nonton lg,nonton lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s