PM Turki mengkonfrontasi Presiden Israel di pertemuan internasional

CORRECTION SWITZERLAND WORLD ECONOMIC FORUM

Melihat berita di TV One malam tentang komentar pedas yang dilakukan oleh Perdana Menteri Turki (Recep Tayyip Erdogan) terhadap Presiden Israel (Shimon Peres), pada saat menghadiri World Economic Forum di Davos (29 Januari 2009), Switzerland. Saat itu pimpinan kedua negara, Turki dan Israel, bersama Sekjen PBB Ban Ki Moon dan seorang pimpinan lagi (yang saya belum tahu siapa), serta seorang moderator.

Setelah presiden Israel berbicara, perdana menteri Turki meminta waktu untuk berkomentar. Saat itulah beliau mengkritik habis-habisan presiden Israel. Berkaitan dengan serangan militer yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Setelah menyampaikan kritikannya dengan menggebu-gebu, perdana menteri Turki walked off dari ruang pertemuan.

Baru kali ini terjadi seorang pimpinan negara berani mengkritik dan menghina pemimpin negara lainnya secara langsung di muka forum internasional. Hal ini tentu saja akan memberikan reaksi besar dari publik. Saya jadi ingin mengikuti bagaimana perkembangan peristiwa ini.  Jujur saja, saya termasuk orang yang memberikan jempol tinggi untuk keberanian perdana menteri Turki. Sebelum menyaksikan berita ini, sebelumnya saya sempat melihat berita di (metro jika tidak salah), seorang reporter mewawancarai Dubes Israel untuk Singapura. Di wawancara tersebut dengan jelas, dubes Israel mengungkapkan bahwa tindakan pemerintah Turki untuk mendamaikan kedua belah pihak (Israel dan Palestina) bagus, karena Turki mau mendengarkan dari sisi kedua-belah pihak. Tetapi setelah kejadian ini, tentu saja Turki dengan jelas menyatakan kemana keberpihakannya.

Mengamati bagaimana kejadian tidak biasa yang dapat dialami seorang pemimpin negara (masih ingat kasus pelemparan sepatu?), sebaiknya calon presiden Indonesia juga menyiapkan diri untuk hal-hal yang tidak terduga apabila sudah menjadi presiden nantinya.

9 thoughts on “PM Turki mengkonfrontasi Presiden Israel di pertemuan internasional

  1. Satunya itu kalau tidak salah pemimpin Liga Arab yang berdiri mencoba menenangkan PM Turki ketika akan meninggalkan forum.

    Agaknya PM Turki tidak terima karena Peres tidak merasa bersalah atas tragedi Gaza dimana anak-anak dan wanita banyak jadi korban.

    Ya jelas karena balasan negara yahudi tsb memang tidak seimbang dan sangat kejam.

    Tetapi katanya PM Turki tersebut meninggalkan forum karena tidak diberi waktu yang sama dengan Peres oleh sang moderator.

    Katanya banyak yang mendukung argumentasi PM Turki itu ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s