Accordeon Duo TOEAC

Accordeon Duo TOEAC, ya itulah nama pertunjukan resital yang saya tonton tadi malam di FKU UGM. TOEAC adalah nama panggung mereka berdua (Pieternel Berkers & Renee Bekkers) yang diambil dari kata “two” dan “accordeon”. Dari nama itu sudah menunjukkan bahwa mereka menampilkan pertunjukan duo akordion. Saya tidak menyangka bahwa bunyi akordion benar-benar variatif. Karna saya memang tidak pernah tahu bagaimana bunyi alat musik itu, karna di Indonesia akordion tidak populer.

Nie gambar akordion yang saya comot di wikipedia.com, tapi akordion yang mereka gunakan dua jenis, yang seperti di gambar atas (ada seperti pianika disampingnya) dan bentuk tust disampingnya. Untuk memainkannya juga rumit, karena menggunakan dua tangan yang harus sibuk menekan tuts-tuts dan harus digoyang-goyangkan (bagian tengahnya itu), trus dagu juga main buat rubah-rubah nada. Gilaa…. pasti membingungkan belajarnya.

Kembali ke Toeac, mereka duo muda dari Belanda yang telah mendapat banyak penghargaan nasional dan internasional. Pokoknya mereka T.O.P. deh, gak heran pertunjukan tadi malam juga bagus. Mereka juga cukup interaktif ma penonton. Sebelum bawain lagu,  mereka kasih gambaran sekilas tentang lagu tersebut. Bahkan saat bawain lagu “Ma Mere l’Oye van Maurice Ravel” mereka sedikit mendongeng di tiap awal bagian. seperti dongeng Sleeping Beauty, Beauty and the Beast, Thumbelina, dll.  Sebenarnya pengen saya masukin rekaman video pertunjukan mereka tadi malam, cuman saya gak tau caranya…:(

tiket pertunjukan tadi malam

Tinggalkan Balasan

