Dukungan untuk Prita Mulyasari

prita

Tadi siang melalui facebook, salah seorang teman saya meng’invite’ saya untuk join dalam kelompok ‘Dukung Prita Mulyasari’.

Awalnya, saya sama sekali tidak tahu masalah yang menimpa beliau sehingga banyak sekali yang bergabung (saat saya menulis postingan ini, sudah mencapai 11.773 orang).  Ternyata, Prita Mulyasari (32) ibu dari dua anak balita ini sempat ditahan di LP wanita Tangerang (sekarang status tahanannya menjadi tahanan kota). Gara-gara dia menuliskan keluhannya atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RS Omni Internasional Tangerang di suatu milis. Walaupun sudah ditanggapi oleh RS terkait, tetapi ternyata surat tersebut sudah tersebar di internet. Pihak RS pun kemudian mengajukan gugatan kepada Ibu Prita Mulyasari. Untuk lebih jelasnya bisa liat di sini.

Saya setuju, bahwa tidak seharusnya Ibu Prita ditahan. Mengingat kasusnya dan apalagi beliau seorang ibu yang masih menyusui. Dan, seandainya pihak RS mau menanggapi keluhan dari Ibu Prita (pada awalnya Ibu Prita mengajukan keluhannya ke RS dahulu, karena tidak ditanggapi baru menulis di milis) pasti hal ini tidak terjadi. Dan merupakan hal yang wajar, suatu badan di Indonesia kurang mau menanggapi keluhan dari customernya secara langsung. Ini bisa dilihat dari kotak keluhan yang biasanya dipasang di suatu pojokan yang tidak terlihat dan terkadang berdebu. Bahkan keluhan tersebut mungkin dibacanya di akhir bulan atau tidak dibaca..??? Mereka hanya mau menanggapi apabila keluhan tersebut sudah ‘go public’, seperti ditulis di surat pembaca suatu surat kabar nasional.

Saya melihat kejadian ini seharusnya membangunkan semua pihak untuk memberikan perhatian lebih kepada customer dan tidak hanya mencari keuntungan semata. Hal ini tidak hanya bagi layanan kesehatan, tapi keseluruhan. Saya merasa sebagai customer, selalu menjadi pihak yang dirugikan.

5 thoughts on “Dukungan untuk Prita Mulyasari

  1. Sidang hari ini (4 juni 09), ternyata tdk membuahkan hasil. Malah diundur karna jaksa blm menyerahkan berkas dakwaan k pengacara ibu Prita. Bahkan ada asumsi kejanggalan mengenai penanganan kejaksaan tangerang. Mudah2n hasil akhir dr kasus ini bsa berbuah manis dan memberi kepastian hukum yg adil bagi konsumen indonesia. Dan mengenai hak asasi manusia dlm mengemukakan pendapat di Indonesia, seharusnya tdk bertentangan dgn hukum yg lain.

    @eko… Terimakasih komentar n info dr blognya…

  2. BREAKING NEWS !!!

    KEJAGUNG MENILAI JAKSA YANG MEMERIKSA PRITA TIDAK PROFESIONAL, DAN MEMERINTAHKAN PEMERIKSAAN ATAS PARA JAKSA TERSEBUT

    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:

    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

  3. HASIL DENGAR PENDAPAT KOMISI IX DPR DGN MANAGEMENT RS OMNI:
    1. KOMISI SEMBILAN TIDAK PUAS DENGAN JAWABAN DARI PIHAK RS OMNI
    2. MENGUSULKAN PENCABUTAN IZIN OPERASIONAL RS OMNI
    3. MENCABUT TUNTUTAN RS OMNI KEPADA PRITA MULYASARI
    4. RS OMNI HARUS MINTA MAAF SECARA TERBUKA KEPADA PRITA MULYASARI

  4. @Ono Gosip…wah, ini berita bagus. Terimakasih… N semoga bisa secepatnya menjadi kenyataan^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s