Ratu Boko, sebuah istana yang ditinggalkan

scan0003

Ketika akan meninggalkan Jogja, saya baru sadar setelah bertahun-tahun tinggal di kota wisata ini, ternyata baru sedikit tempat wisata yang pernah saya kunjungi. Tempat-tempat yang pernah saya kunjungi hanya tempat wisata yang umum dikunjungi wisatawan lainnya, seperti : Keraton, Taman Sari, Kali Adem, Kaliurang, Museum Jawa, Prambanan, Borobudur, Desa Wisata (saya lupa namanya, tapi ada di daerah Kaliurang), Gembiraloka, Pantai Paris, Pantai Sundak, Pantai Krakal, Pantai Baron dan tentu saja Malioboro. Padahal masih banyak tempat-tempat menarik lainnya.

Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya kemarin siang (21 Juni 2009) saya berhasil mendatangi Ratu Boko. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Jogja, bahkan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. Dan lokasinya ternyata dekat dengan candi Prambanan (bagi yang berencana pergi ke Prambanan, jangan lupa sekalian mengunjungi candi Ratu Boko ini).

Ratu Boko, ternyata dulu merupakan sebuah istana. Hal ini bisa jelas terlihat dari sisa bangunan yang masih berdiri, seperti pintu masuk, tempat pemandian, dan beberapa bangunan yang tersisa lainnya. Sayang sekali tidak ada guide yang tersedia saat itu (karena saya datang sore hari), sehingga saya tidak tahu bagaimana sejarah istana tersebut.

Saat ini Candi Ratu Boko dalam tahap pemugaran,

scan0001

Karcis tanda masuk Candi Ratu Boko

Beberapa photo yang bisa saya bagi, please enjoy…🙂

IMGP1002

Gapura

IMGP1076

Sisa kolam pemandian yang tersisa

IMGP1089

3 thoughts on “Ratu Boko, sebuah istana yang ditinggalkan

  1. yuuupz….

    emang banyak yg ga tahu ttg keberadaan Candi Ratu Boko ini friend, aku aja malah taunya dari temen yg dateng dari Jakarta & minta dianter ke Candi ini 2 th lalu,

    aku malu bgt, tapi aku sotoy, langsung grubag-brubug cari di internet untuk menemukan jalan menuju kesana.

    finally, nyampe juga di Candi Ratu Boko, mantaaaaaabh!!!!
    bisa ngeliat kota Jogja yg letaknya ada dibawah kita, memandang pantai parang tritis sebelah selatan sekaligus gunung Merapi di utara.

    ayoooow kalo ke jogja jangan lupa singgah kesana ya…🙂

  2. @dewi… Yang penting dah pnah ksana akhirnya🙂
    Iya…ayo yang ada djogja ato niat mo kejogja, jgn lupa bkunjung ke candi boko!

  3. Ping-balik: Quick Post « Galuh’s Blog

Tinggalkan Balasan

