Ponyo on the Cliff

Satu lagi animasi Ghibli yang baru-baru ini saya tonton. Sangat terlambat memang, karena sulitnya mencari DVD atau VCD film ini. Tapi akhirnya, saya berhasil mendapatkannya….^^ Bahkan saya dapat 2 versi (versi English dan versi Jepang).

Sama seperti film-film Ghibli lainnya yang sarat imajinasi. Banyak hal-hal imajiner yang tampil di film ini, seperti mimpi dalam benak anak-anak. Tetapi semua ditampilkan dengan indah.

Ponyo memulai petualangannya

Animasi Ponyo ini menggambarkan kehidupan laut dan daerah pesisir, di mana kebanyakan orang bekerja di laut (tapi jangan membayangkan daerah pesisir seperti di Indonesia, ya….^^). Pesan untuk menjaga kelestarian laut sangat kuat, bahkan sindiran bagaimana manusia sering merusak biota laut hanya untuk kepentingan pribadi diucapkan secara lugas oleh peran “ayah” Ponyo.

sang “ayah”

Menariknya, dalam film animasi ini tidak ada “si jahat”nya menurut saya. Walaupun pada awalnya saya mengira sang “ayah” ini jahat, tetapi pada akhir cerita penonton pasti memaafkan kelakuan anehnya.

Ponyo dan Sosuke

Ponyo dan Sosuke pergi mencari Lisa

Ponyo dan Sosuke, mereka berdualah bintang dalam animasi ini. Tetapi saya kurang begitu menyukai keduanya. Karena menurut saya hubungan antara keduanya terlalu dipaksanakan (saat akhir cerita), saya lebih menyukai hubungan mereka yang alami pada saat mereka berpetualang ^^

Film-film Ghibli menurut saya memang bukan tontonan anak-anak seperti animasi-animasi buatan Pixar atau Disney. Karena sedikit “sulit” untuk anak-anak, tetapi kekuatan cerita yang sarat dengan tokoh-tokoh dan gambaran imajinasi atau mimpi yang ditampilkan dapat menjadi hiburan tersendiri bagi mereka. Saran saya, dampingi anak-anak ketika menonton film ini.

Bagi saya film ini bukan favorit saya, banyak hal di luar ekspektasi saya. Dibandingkan animasi-animasi Ghibli lainnya seperti Spirited Away dan Tonari No Totoro, saya jauh menyukai keduanya dibandingkan film ini. Atau mungkin karena saya terlalu berharap banyak pada film ini….?

Rate saya 2.5/5

6 thoughts on “Ponyo on the Cliff

  1. @Windra…Iya rada susah klo nyari film animasi Ghibli.
    Bagus kok Win, cuman menurut saya masih bagus Totoro dan Spirited away. Tapi klo dah dapet filmnya, tonton aja. kan pendapat orang beda-beda….^^

Tinggalkan Balasan

